sayugi.id

Share Informasi, Tutorial, dan Pengalaman Pribadi

TOP POST!!!

Light Novel : Memory

Sinopsis : Riko, siswa kelas 3 SMA, kehilangan ingatan masalalunya karena sebuah kecelakaan yang dilaluinya, lupa akan segalanya, lupa aka...

Linux - Sistem Operasi Hemat Kuota

Sesuai dengan judul diatas, saya kali ini akan memberikan sebuah review sekaligus pengalaman saya ketika menggunakan Linux sebagai OS Primary saya, memang perkuliahan yang saya jalani kebanyakan memakai Windows, dan segala macam aplikasinya, namun ketika saya berada diluar, saya malah lebih sering membuka Linux Elementary ini, kenapa?... karena mungkin saya sudah terlanjur Jatuh Cinta pada OS ini.

Sistem Operasi Hemat Kuota?... apaan tuh?.. mungkin ada sebagian pembaca yang menanyakan hal tersebut, apalagi bagi yang sangat belum pernah menyentuh Linux, Baik Ubuntu, Mint, dan Debian, akan menanyakan hal tersebut.. "sesuai pengalaman pribadi, ada teman saya yang bertanya hal tersebut". 

Nah Linux ini menurut saya sangat sangat baik dalam memanajemen penggunaan internet, berbeda dengan windows, dalam kondisi Idle pun internet selalu jalan, entah digunakan Oleh semacam service apa?.. namun di linux, ketika kita Idle, baik di desktop, file manager, maupun browser, dan selama tidak melakukan aktivitas yang memancing koneksi, maka, koneksi tersebut akan ikutan idle juga, jadi ketika kita hanya mendengarkan musik atau melihat video, maka koneksi akan terhenti, namun bukan disconnect. 

Mari kita bandingkan Windows 10 Pro vs Elementary OS
Windows 10 Pro
- 1 Jam saya Idle tanpa menggunakan aktivitas browser atau apapun, Internet tetap berjalan untuk dipakai Update sebagian software.

Sedangkan Elementary OS
- 1 jam digunakan Untuk Menulis Postingan dan Artikel di blog selama beberapa jam, kuota yang dipakai juga sedikit banget, bahkan tidak sampai tembus puluhan MB, gak percaya?.. berikut screenshotnya: 
Ketika saya menulis postingan ini.

Sedangkan di WIndows baru 2 menit sudah memakan beberapa MB, sehingga membuat Kuota kita Boros.

jadi intinya, jika anda ingin menghemat kuota dalam penggunaan wajar, tanpa download dan streaming, Linux sangat cocok bagi anda, namun jika ingin sesuatu yang lebih dan serba kompatible dalam penggunaan, WIndows pilihannya.

Oke Sekian dari saya, mohon maaf jika mungkin pernyataan saya diatas ada yang meleset, karena ini sesuai dengan apa yang saya alami dan saya rasakan.
bersama saya Gylang Satria Yudha, sampai jumpa dipostingan Selanjutnya. :)
Share this article :
+
1 Komentar untuk "Linux - Sistem Operasi Hemat Kuota"

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)